Welcome!!

Bismillahirrahmanirrahiim....

Rabu, 30 Januari 2013

Kota Ketiga : Pasuruan

Kawan, aku ingin menulis selagi sempat karena tak lama lagi aku akan meninggalkan Bandung. Dan mungkin ini tulisan terakhirku sebelum berangkat kembali ke Pasuruan sebab satu dan lain hal yang malu kusebutkan. hhe

Oke, mari kita bercerita tentang...Pasuruan!! aku belum pernah bercerita padamu tentang kota ini bukan? Baiklah, inilah Pasuruan, kota ketigaku setelah Bandung dan Bogor...

Pasuruan. Hmm, pertama aku menginjakan kaki di tanah Jawa Timur adalah di kota ini. Kota yang terkenal dengan sebutan Kota Santri ini wajib kau kunjungi. Bukan karena kota ini penuh dengan tempat wisata, bukan pula sebab kulinernya yang menggoda. Tapi disinilah kau akan merasakan hawa syurga...

Pasuruan adalah kota kecil yang penuh dengan pesantren. Kurang dari 1 KM dari pesantrenku saja sudah ada pesantren lain. Tapi hebatnya, santrinya tetap saja banyak. Berasal dari seluruh Indonesia, bahkan ada yang berasal dari Malaysia dan Singapura, Keren bukan? Aku pikir hanya Perguruan tinggi saja yang punya murid ribuan, tapi ternyata pesantren pun begitu.

Nah, makannya tak heran jika di kota ini hampir semua orang berpakaian seperti santri. Kalau yang laki-laki tak lepas dari sarung dan baju koko kemanapun ia pergi. Mau ke masjid atau ke Mall, pakaiannya sama. Mau naik motor atau mobil, sarung tak pernah mereka tinggalkan. Begitupun perempuannya, sangat jarang kau menemukan wanita tak berjilbab, bahkan disini banyak sekali wanita yang bercadar.

Selain itu, kota ini tak pernah sepi dari dzikir dan pujian kepada Rasulullah saw. Setiap hari akan kau dengar  lantunan ayat suci Al-Qur'an dari setiap masjid mulai pukul 3 dini hari. Yap, gema bacaan Qur'an saling menimpali antar satu masjid dan masjid yang lain. Lalu, setiap harinya ada saja yang membaca maulid simtud duror, yang berisi kisah perjalanan hidup Rasulullah saw mulai beliau dilahirkan dan perjalanan dakwahnya. Benar-benar menambah kecintaan kepada Rasulullah saw! Bagaimana tidak? bukankah dengan sering menyebut namanya akan semakin membuatmu ingat padanya?

Selain itu, setiap selasa pun akan kau dengar Hadrah Basaudan, kumpulan dzikir penolak bala. Aku baru tahu disini dan segera menyesal, mengapa tak dari dulu aku tahu? lalu ada pula acara yang disebut Burdah, inilah acara yang paling aku sukai! Burdah adalah sekumpulan pujian untuk rasulullah saw. Isinya sangat-sangat luar biasa! Ini adalah syair yang sangat indah. Kau harus mencobanya disini! Coba dengarkan dan resapi. Ahh,, aku jadi rindu membaca Burdah...:)

Kota Pasuruan ini memang kecil, tapi disinilah aku menemukan harta yang teramat besar dan berharga. lebih berharga dibanding emas, perak, dan seluruh perhiasan dunia. Harta itu adalah: Iman dan Ilmu... keduanya mengantarkanmu pada satu kata: Ketenangan..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar